Bukit Atuh Nusa Penida, Wisata Alam Dengan View Keren

Bukit Atuh Nusa Penida, Wisata Alam Dengan View Keren

Nusa Penida menawarkan beragam destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Adapun salah satu tempat wisata di Nusa Penida tersebut ialah Bukit Atuh. Bukit Atuh Nusa Penida menyimpan keindahan dan daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya. Info selengkapnya mengenai Bukit Atuh di Nusa Penida akan kami bagikan pada ulasan di bawah ini.

Bukit Atuh Nusa Penida

Dijamin anda akan merasa takjub saat berada di Bukit Atuh. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih asri dan sangat memanjakan mata. Di dasar Bukit Atuh Nusa Penida pun ada wisata pantai yang diselimuti hamparan pasir putih yang memang indah dan lembut. Tak hanya itu, di depan Bukit Atuh ini juga ada beberapa pulau yang mempunyai karakteristik mirip dengan pulau yang biasa ditemui di Raja Ampat dan Thailand. Dimana pulau yang satu ini menyerupai batu dengan ujungnya yang lancip dan sangat unik.

Di kawasan wisata Bukit Atuh ini terdapat pulau karang yang bernama Pulau Batu Melawang. Pulau yang satu ini adalah pulau terbesar di kawasan Bukit Atuh. Uniknya, di pulau ini ada lubang raksasa atau bisa juga disebut terowongan karang. Tak heran jika masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai batu bolong. Masyarakat setempat pun memiliki kebiasaan bahwa tiap perahu nelayan yang akan berlayar dari Pantai Atuh harus melewati lubang di Pulau Batu Melawang terlebih dahulu. Bahkan sampai saat ini tak ada yang berani melanggar mitos tersebut dikarenakan mempunyai nilai magis tersendiri.

Nama Atuh itu sendiri berasal dari sebuah mata air yang lokasinya berdekatan dengan lokasi Bukit Atuh ini. Tepatnya di sebelah barat Pura Atuh. Mata air ini hingga sekarang masih digunakan oleh masyarakat sekitar. Meski lokasinya dekat dengan garis pantai, akan tetapi airnya tawar dan tak terasa asin sama sekali. Bahkan saat musim kemarau tiba, mata air ini tak pernah kering. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa lokasi bukit ini dinamakan Atuh. Dari kata A yang berarti tidak, sementara Tuh berarti kering.

Lokasi dan Rute

Bukit Atuh Nusa Penida terletak di wilayah Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Rute untuk mencapai lokasinya harus melalui laut dari dermaga Pantai Sanur, Pantai Kusamba Klungkung atau Pelabuhan Padang Bai untuk langsung menuju ke Pulau Nusa Penida. Setibanya di Nusa Penida, perjalanan bisa dilanjutkan dengan kendaraan darat, disarankan menggunakan sepeda motor. Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan ke Bukit Atuh dari Pelabuhan Sampalan. Telah disediakan penyewaan sepeda motor untuk digunakan berkeliling. Fasilitas ini disewakan dengan tarif berkisar Rp. 75.000/hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *