Mata Air Tembeling Nusa Penida, Wisata Paling Menarik dan Unik

Mata Air Tembeling Nusa Penida, Wisata Paling Menarik dan Unik

 

Bali memang merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Pulau bali yaitu wisata Mata Air Tembeling Nusa Penida. Dan mata air ini menjadi daya tarik tersembunyi yang dimiliki oleh Nusa Penida. Adanya mata air yang bersih dan jernih ini membuktikan jika Nusa Penida tak hanya memiliki wisata pantai saja. Perlu anda ketahui jika mata air ini bahkan dijadikan sebagai mata air yang sudah dinilai sakral dan suci bagi masyarakat yang ada di Bali.

 

Mata Air Tembeling memang merupakan salah satu tempat wisata yang sangat indah, meskipun belum populer di kalangan para wisatawan. Untuk tempat wisata ini sebenarnya juga ditemukan dengan tidak sengaja oleh salah seorang warga pada saat itu sedang mencari sapinya di tengah hutan. Sebab penemuan tersebut, mata air ini kerap didatangi warga setempat atau para wisatawan asing dan domestik.

 

Lokasi Mata Air Tembeling

 

Mata Air Tembeling  ini merupakan tempat wisata yang lokasinya berada wilayah Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida. Jika dari Pelabuhan Sampalan hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan saja untuk sampai di mata air ini.

 

Pesona Mata Air Tembeling

 

Wisata Mata Air Tembeling  mempunyai daya tarik bagi para wisatawan, diantaranya adanya ngarai-ngarai kecil yang ada di sepanjang jalan menuju lokasi mata air. Ngarai ini berada di seberang jurang yang juga ada dua bekas aliran air terjun. Akan tetapi, air terjun ini tidak mengalir lagi.  Tapi hanya meninggalkan jejak seperti air terjun. Mata Air Tembeling juga memiliki aliran air yang sangat jernih. Lebarnya kurang lebih sekitar 8×10 meter persegi, kemudian dalamnya sekitar 10 meter.

 

Kemudian keunikan dari tempat wisata ini yaitu lokasi telaga ini hanya untuk pengunjung laki-laki saja yang boleh berendam atau mandi di sini.  Kemudian untuk para pengunjung perempuan hanya diperbolehkan mandi dan berendam di mata air lain yang lokasinya ada di sebelah bawah, kurang lebih 20 meter dari mata air utama. Meskipun begitu, mata air ini sangat menarik untuk dinikmati.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *