Sejarah Pura Mobil Nusa Penida, Wisata Unik yang Wajib Dikunjungi

Sejarah Pura Mobil Nusa Penida, Wisata Unik yang Wajib Dikunjungi

Pura memang bisa dengan mudah ditemukan di Bali. Tiap pura di Bali pun memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Hal ini tak terkecuali dengan Pura Paluang Nusa Penida. Pura yang satu ini juga dikenal dengan nama pura mobil. Sejarah pura mobil Nusa Penida perlu untuk anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Dengan begitu, sensasi liburan anda akan lebih berkesan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan lengkap mengenai pura mobil di Nusa Penida berikut ini.

Sejarah Pura Mobil Nusa Penida

Konon dikisahkan dulunya ada seorang warga Karang Dawa yang ingin buka lahan perkebunan di kawasan wisata Pura Paluang Nusa Penida. Ketika proses pengerjaannya ada bongkahan batu karang besar yang perlu dipindahkan. Keesokan harinya batu tersebut kembali lagi ke tempat semula dan terjadi secara berulang kali. Kemudian ada sebuah petunjuk niskala untuk mendirikan pelinggih di tempat itu yang ada di atas bukit karang serta bersebelahan dengan jurang yang sangat curam.

Seiring berjalannya waktu, terdapat pawisik Ida yang melinggih di pura itu, yakni Ratu Gede Sakti Hyang Mami. Dimana meminta supaya masyarakat setempat membuatkan pelinggih mobil. Hal ini dikarenakan beliau di alam niskala mempunyai kendaraan berupa mobil. Menurut sejarah Pura Mobil Nusa Penida yang beredar, ketika malam hari masyarakat setempat sering mendengar suara deru serta klakson mobil dengan sinar yang terang dan kecepatan tinggi menuju ke arah barat laut. Akan tetapi, deru tersebut hanya sepintas saja dan sudah tak tampak lagi kemana perginya. Pelinggih mobil ini diceritakan telah ada sejak 300 tahun yang lalu.

Lokasi Pura Paluang Nusa Penida

Pura Paluang bisa anda temukan di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Untuk menuju lokasi ini, dari pelabuhan Nusa Penida anda bisa menempuh dengan sepeda motor selama 40 menit. Perjalanan yang akan anda lalui juga tak mudah, anda harus melewati jalanan berpasir yang memang agak sulit untuk dilalui. Sepanjang perjalanan, anda juga akan melewati semak belukar, tebing berkapur, serta beberapa rumah penduduk.

Sesekali anda akan berjumpa dengan pemukiman penduduk dan keindahan laut dari atas bukit. Lokasi Pura Paluang ini cukup jauh dari area pemukiman masyarakat. Hal ini dikarenakan lokasinya berada di atas bukit yang curam. Walau terkenal mistik, namun keindahan alam yang bisa dilihat dari atas bukitnya tetap menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi Pura Paluang Nusa Penida ini. Saat mengunjungi pura ini, anda harus menghindari perkataan kotor dan perbuatan tidak terpuji. Anda juga harus berpakaian sopan. Dengan anda mengetahui lokasi dan sejarah Pura Mobil Nusa Penida, anda bisa lebih mengenal tempat wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *